Film Laskar Pelangi Hebohkan Berlin

Film Laskar Pelangi ikut memeriahkan acara festival film Berlinale di kota Berlin, Jerman



Festival Film Internasional "Berlinale" yang berlangsung sejak tanggal 5-15 Laskar BerlinPebruari telah usai. Lima film Indonesia turut memeriahkan festival film ini yang dilaksanakan di kota Berlin.

Festival Berlinale yang dimulai sejak tahun 1951 telah berhasil menjadi salah satu barometer festival film dunia. Pesta tahunan para insan dan penggemar film dunia ini dipadati tidak kurang dari 19 ribu insan film dan 4000 jurnalis dari 120 negara serta 230 ribu penonton. Demi menjaga kualitas maka panitia hanya menayangkan film-film yang telah memenuhi kriteria.

Indonesia mencatat sukses besar di Berlinale 2009 ini. Hal ini terlihat dari 400 film yang lulus seleksi panitia, 5 diantaranya merupakan karya sineas Indonesia. Ke lima film tersebut adalah Laskar Pelangi, Generasi Biru, At Stake, Musafir dan Trip to the Wound.

Film-film Indonesia ini menjadi perhatian masyarakat Jerman, terbukti dengan terjual habisnya tiket-tiket film Indonesia 3 hari menjelang pemutaran film. Film Laskar Pelangi paling banyak diminati, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia yang berdomisili di Jerman akan tetapi juga masyarakat Jerman maupun masyarakat asing lainnya.

Hal ini dibuktikan ketika pada hari Jum'at (13/02/2009) film Laskar Pelangi ditayangkan yang seharusnya hanya di satu studio, karena padatnya penonton maka panitia memutuskan untuk memutar film tersebut pada hari dan jam yang sama di studio sebelahnya.

Dengan demikian, partisipasi Indonesia pada Berlinale 2009 ini tergolong sukses dan tentunya diharapkan dapat meningkatkan upaya promosi citra dan mengharumkan nama baik Indonesia di kawasan Eropa, khususnya Jerman. [Kiriman Andi Tinellung Nur Ilahi, Pengurus Masjid Al-Falah Berlin & Pegawai KBRI Berlin]
Written by usamah
Monday, 16 February 2009 07:32